Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Gonore adalah penyakit yang di sebabkan oleh bakteri, yang menular melalui hubungan seksual atau di sebut dengan penyakit menular seksual (PMS).

Bila tidak mendapat penanganan yang tepat, gonore dapat berujung pada komplikasi yang serius, salah satunya seperti kerusakan pada organ reproduksi.

Namun, banyak individu yang bertanya-tanya apakah gonore hanya bisa sembuh dengan pengobatan medis atau bisa juga dengan pengobatan tradisional?

Ya, untuk mendapatkan jawaban dari pertanyaan tersebut, mari simak pembahasan lengkap mengenai pengobatan gonore di bawah ini.

Penyebab dan Cara Penularan Gonore

Gonore dapat di sebabkan oleh infeksi bakteri Neisseria gonorrhoeae, yang dapat menginfeksi saluran reproduksi, tenggorokan, dan rektum.

Bakteri ini dapat di tularkan langsung dengan cairan tubuh yang terinfeksi, terutama melalui aktivitas seksual tanpa penggunaan kondom. Berikut ini adalah cara penularan yang umum terjadi, seperti:

1. Hubungan Seksual

Hubungan seksual yang berisiko, seperti berhubungan dengan banyak pasangan dan tidak menggunakan kondom adalah salah satu cara penularan utama penyakit ini.

Infeksi bakteri gonore dapat menular melalui hubungan seksual secara vaginal, anal, maupun oral dengan pasangan yang terinfeksi.

2. Penularan dari Ibu ke Bayi

Ibu hamil yang terinfeksi gonore, dapat mentransmisikan infeksi ini kepada bayinya saat proses melahirkan.

Bayi yang tertular infeksi bakteri gonore, dapat mengalami penyakit konjungtivitis gonore, yang dapat menyebabkan kebutaan pada bayi.

Pengobatan Medis untuk Mengobati Gonore

Gonore bisa sembuh dengan pengobatan yang tepat, yaitu dengan pengobatan medis yang melibatkan penggunaan antibiotik.

Pengobatan ini bertujuan utuk menghilangkan bakteri penyebab gonore dari tubuh, dan juga mencegah penyebaran infeksi.

Dokter dapat meresepkan antibiotik yang sesuai berdasarkan tingkat keparahan, riwayat kesehatan dan alergi, serta komplikasi yang mungkin terjadi.

Penting untuk di ingat, pasangan seksual juga perlu untuk di periksa dan di obati jika di perlukan. Hal ini di lakukan untuk mencegah penularan kembali.

Pengobatan Tradisional untuk Mengobati Gonore

Banyak individu yang beranggapan bahwa gonore bisa sembuh dengan berbagai alternatif pengobatan tradisional.

Namun, penting untuk di ketahui bahwa fakta medis menunjukkan bahwa pengobatan tradisional tidak mampu menyembuhkan infeksi gonore dengan efektif.

Meskipun terdapat berbagai bahan alami yang memiliki sifat antiinflamasi dan antimikroba, tetapi beberapa bahan-bahan tersebut hanya membantu meredakan gejala gonore.

Bakteri penyebab gonore yang ada di dalam tubuh harus di hilangkan dengan pengobatan medis, yaitu dengan menggunakan antibiotik.

Oleh karena itu, jika kamu atau pasangan kamu terinfeksi gonore, sebaiknya segeralah periksakan diri ke layanan kesehatan yang terpercaya, seperti Klinik Utama Sentosa.

gonore bisa sembuh2

Pentingnya Pengobatan dan Penanganan yang Tepat untuk Mengatasi Gonore

Gonore bisa sembuh sepenuhnya, apabila mendapatkan pengobatan dan penanganan yang tepat dari profesional medis.

Namun, jika gonore tidak mendapat pengobatan yang tepat, maka dapat menimbulkan komplikasi yang lebih serius, seperti:

1. Infeksi Saluran Reproduksi

Gonore dapat menyebabkan infeksi pada saluran reproduksi, seperti uretra, serviks, rahim, dan tuba falopi.

Sehingga, infeksi yang tidak di obati dapat menyebabkan berbagai komplikasi, salah satunya adalah radang panggul yang dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan serius.

2. Infeksi pada Testis

Pada pria, gonore yang tidak di obati dapat menyebabkan epididimitis, yaitu peradangan pada saluran epididimis yang menghubungan testis dengan vas deferens.

Hal ini dapat menyebabkan nyeri pada skrotum, pembengkakan testis, dan bahkan infertilitas atau kemandulan.

3. Penyebaran ke Bagian Tubuh Lainnya

Infeksi gonore yang tidak di obati dengan tepat, dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya, seperti persendian, kulit, atau darah.

Komplikasi-komplikasi ini menekankan pentingnya pengobatan yang tepat dan penanganan yang cepat terhadap infeksi gonore.

Jika mencurigai diri kamu terinfeksi gonore atau memiliki gejala yang mencurigakan, segeralah berkonsultasi dengan profesional kesehatan yang tepat.

Baca Juga: 4 Perbedaan Penting Gonore dan HIV yang Harus Kamu Tahu, Simak Yuk!

Jangan ragu untuk menghubungi dan berkonsultasi dengan dokter spesialis penyakit kulit kelamin yang berpengalaman di Klinik Utama Sentosa.

Dokter dapat memberikan diagnosis yang di dukung dengan pemeriksaan menggunakan fasilitas medis yang lengkap dan modern.

Tidak hanya itu, dokter dan tim medis kami akan selalu mengutamakan kenyamanan, kebutuhan, kesehatan, serta privasi setiap pasien.

Sehingga, kamu akan nyaman selama menjalani pemeriksaan dan pengobatan. Jadi tunggu apalagi? Segera hubungi dokter melalui layanan Konsultasi Dokter Online.

Layanan ini tersedia melalui Chat Whatsapp, yang beroperasi selama 24 jam dan dapat kamu gunakan secara gratis!

Mudah bukan? Jadi pastikan untuk mendapat saran pengobatan dan perawatan dari sumber yang terpercaya ya!

About the Author: Rara
penyakit menular seksual pms
Andrologi
Ginekologi

Lokasi Klinik Utama Sentosa

Konsultasikan Keluhan Anda Bersama Dokter Online. Gratis!

Langsung saja konsultasi online atau reservasi online
di nomor +62812-1230-6885 atau dapat mengklik link Konsultasi Gratis. Rahasia Terjamin.

Comments