Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Selangkangan gatal pada wanita seringkali menjadi masalah yang tidak hanya mengganggu kenyamanan, tetapi juga dapat menimbulkan kekhawatiran.

Berbagai faktor bisa menjadi penyebab dari kondisi ini, mulai dari kebersihan area genital yang tidak terjaga hingga adanya infeksi akibat aktivitas seksual.

Namun, tak perlu khawatir karena selangkangan gatal pada wanita, dapat di obati dengan beberapa cara baik secara alami maupun medis.

Untuk mengetahui apa saja cara yang dapat di lakukan untuk mengobati selangkangan gatal, simak penjelasannya di bawah ini yuk!

Penyebab Selangkangan Gatal pada Wanita

Selangkangan gatal dapat di sebabakan oleh sejumlah faktor, mulai dari faktor kebersihan, reaksi alergi atau iritasi, dan infeksi.

Berikut ini adalah beberapa penyebab umum selangkangan gatal pada wanita, meliputi:

1. Kebersihan Genital yang Buruk

Kebersihan area genital yang buruk dapat menyebabkan selangkangan gatal dan hitam pada wanita, hal ini juga dapat memicu terjadinya infeksi jamur atau infeksi bakteri pada vagina.

2. Reaksi Alergi atau Iritasi

Penggunaan produk pembersih kewanitaan yang berbahan kimia keras, dapat meningkatkan risiko alergi atau iritasi pada selangkangan, yang menyebabkan selangkangan menjadi gatal.

3. Penyakit Menular Seksual (PMS)

Beberapa penyakit menular seksual, seperti herpes atau infeksi klamidia, juga dapat menyebabkan gatal di area selangkangan.

Penting untuk di ingat bahwa setiap individu dapat mengalami selangkangan gatal yang di sebabkan oleh berbagai faktor lainnya.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui penyebabnya secara pasti dengan melakukan pemeriksaan di layanan kesehatan yang terpercaya, seperti Klinik Utama Sentosa.

Obat Alami untuk Mengatasi Selangkangan Gatal pada Wanita

Jika mengalami selangkangan gatal, tak perlu khawatir karena terdapat beberapa bahan alami yang dapat di gunakan untuk mengobati kondisi tersebut.

Berikut ini adalah beberapa bahan alami yang dapat dengan mudah di temukan dan di percaya dapat mengobati selangkangan gatal pada wanita, seperti:

1. Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki sifat antiinflamasi yang dapat menyembuhkan dan membantu mengurangi peradangan dan rasa gatal pada area genital.

  • Cara menggunakan: Ambil gel lidah buaya segera dan oleskan secara langsung ke area yang gatal, diamkan selama beberapa saat dan bilas dengan air.

2. Madu

Madu memiliki sifat antimikroba dan antiinflamaasi yang dapat membantu mengurangi iritasi dan mempercepat proses penyembuhan.

  • Cara menggunakan: Oleskan madu alami ke area yang gatal dan biarkan selama beberapa menit, dan bilaslah dengan air hangat.

3. Tea Tree Oil

Tea tree oil memiliki sifat antijamur dan antiperadangan yang dapat membantu mengatasi infeksi jamur dan meredakan gatal.

  • Cara menggunakan: Campurkan beberapa tetes tea tree oil dengan air, lalu oleskan pada area yang gatal. Hindari penggunaan langsung karena dapat menyebabkan iritasi.

4. Minyak Kelapa

Minyak kelapa mengandung asam laurat yang memiliki sifat antimikroba, yang dapat membantu mengurangi iritasi dan memberikan kelembapan pada kulit.

  • Cara menggunakan: Oleskan minyak kelapa alami secara merata ke selangkangan setelah mandi, dan biarkan meresap sebelum menggunakan pakaian.

5. Cuka Apel

Cuka apel dapat membantu mengelola pH kulit, mengurangi iritasi, dan membantu melawan infeksi jamur.

  • Cara menggunakan: Campurkan cuka apel dengan air dengan perbandingan yang sama, dan gunakan kapas untuk mengaplikasikannya.

Itulah beberapa bahan alami yang dapat di gunakan untuk mengobati selangkangan gatal pada wanita.

Namun, penting untuk selalu berkonsultasi dengan profesional medis, agar pengobatan yang di berikan tepat sesuai dengan penyebabnya.

Baca Juga: 4 Jenis Penyakit Kelamin Wanita yang Jarang Diketahui, Mana yang Berbahaya? Cek Disini

selangkangan gatal pada wanita 2

Pentinganya Pemeriksaan Kesehatan Genital dengan Profesional Medis yang Tepat

Jika selangkangan gatal pada wanita di sebabkan oleh penyakit menular seksual, sebaiknya segeralah lakukan pemeriksaan dan konsultasikan dengan dokter yang tepat.

Pasalnya, pengobatan selangkangan gatal akibat PMS akan lebih kompleks dibandingkan dengan selangkangan gatal akibat iritasi.

Oleh karena itu, pastikan untuk berkonsultasi dengan profesional medis yang tepat, seperti Klinik Utama Sentosa.

Dokter spesialis penyakit kulit dan kelamin yang berpengalaman, dapat membantu melakukan pemeriksaan untuk mengidentifikasi penyebabnya.

Pemeriksaan pastinya akan di lakukan dengan menggunakan fasilitas medis yang lengkap dan modern, sehingga diagnosis dan pengobatan yang diberikan akan akurat.

Jadi tunggu apalagi, ayo segera hubungi dokter melalui Chat Whatsapp yang tersedia selama 24 jam, gratis!

Tak perlu khawatir, karena privasi dan kenyamanan kamu pastinya terjamin. Jadi, selalu konsultasikan dengan profesional medis yang tepat ya!

About the Author: Rara
penyakit menular seksual pms
Andrologi
Ginekologi

Lokasi Klinik Utama Sentosa

Konsultasikan Keluhan Anda Bersama Dokter Online. Gratis!

Langsung saja konsultasi online atau reservasi online
di nomor +62812-1230-6885 atau dapat mengklik link Konsultasi Gratis. Rahasia Terjamin.

Comments