Pernah nggak, kamu merasa gatal atau ada cairan yang agak aneh yang keluar dari miss v? jangan khawatir, itu bisa jadi tanda-tanda keputihan. Keputihan memang hal yang biasa dan sering terjadi pada perempuan. Tapi, kadang-kadang keputihan ini bisa bikin kita merasa nggak nyaman.

Baca Juga: Kenapa Keluar Cairan Putih dari Kemaluan (Miss V), Normalkah?

Daripada langsung cari obat kimia yang mungkin punya efek samping, sebaiknya kita coba solusi alami dulu. Ada beberapa bahan alami yang bisa ngebantu kamu mengatasi keputihan dan membawa kembali kenyamanan kamu. Jadi, yuk, simak lebih lanjut!

Pengertian Keputihan

Kalian pasti udah kenal sama keputihan, kan? Jadi, gini keputihan itu adalah cairan yang keluar dari miss v. Ini bukan hal yang aneh dan sebenernya ini adalah cara tubuh kamu untuk menjaga area miss v tetap sehat dan bersih.

Penyebabnya bisa bermacam-macam, kayak perubahan hormon, stres, cemas berlebih, sering pake alat kontrasepsi, bahkan infeksi.

Perbedaan Keputihan Normal dan Abnormal

Nah, yang ini penting banget! Biar nggak bingung, kita bedain antara keputihan yang normal sama yang abnormal. Keputihan normal biasanya punya ciri-ciri kayak gini:

  • Warnanya bening atau putih susu gitu
  • Nggak berbau atau punya bau yang lembut aja
  • Cairannya agak elastis kayak putih telur
  • Nggak terlalu banyak atau berlebihan
  • Nggak ada gatal, perih, atau bengkak

Baca Juga: Kenapa Wanita Sering Mengalami Keputihan? Kenali Penyebabnya

Tapi, kalau keputihan yang nggak normal itu beda. Biasanya punya tanda-tanda seperti:

  • Warnanya kuning, hijau, atau abu-abu
  • Baunya nggak enak, bisa bau amis
  • Kadang bisa menggumpal dan berbusa
  • Jumlah cairannya terlalu banyak dan nggak wajar
  • Ada gatal, perih, atau bengkak, bikin nggak nyaman banget

Obat Alami Keputihan

Nah, sekarang kita bahas, apa aja obat alami keputihan yang bisa kamu gunain, seperti:

1. Bawang Putih

Bawang putih itu kaya akan senyawa anti-jamur dan anti-bakteri. Jadi, bawang putih bisa bantu untuk menghentikan pertumbuhan bakteri jahat yang bisa bikin kamu keputihan. Caranya gampang, cukup kamu kunyah beberapa siung bawang putih mentah setiap hari.

2. Kunyit

Kunyit punya senyawa anti-inflamasi dan anti-bakteri yang bisa bantu redakan keputihan. Ini juga bisa ngeredain rasa gatal dan perih. Cara pakainya simpel banget, campurin aja bubuk kunyit dengan air hangat, dan kamu minum ramuan ini setiap hari.

3. Daun Sirih

Dauh sirih punya zat anti-septik alami yang bermanfaat banget buat atasi keputihan. Artinya, daun sirih bisa bersihin dan meredain masalah di area miss v. Kamu bisa coba bikin pasta dari daun sirih, dan olesin pasta ini ke area yang bermasalah.

obat alami keputihan 2

Baca Juga: Hati-Hati! Ini Penyebab Keputihan Saat Hamil

4. Yogurt

Nah, yogurt itu kaya akan bakteri baik atau yang sering di sebut probiotik. Nah, bakter-bakteri ini bisa bikin suasana di miss v tetap sehat dan seimbang. Jadi, kamu nggak mudah kena keputihan yang bikin risih. Caranya gampang banget, kamu bisa makan yogurt setiap hari sebagai cemilan.

5. Lidah Buaya (Aloe Vera)

Lidah buaya itu punya kemampuan luar biasa yang bisa buat redain masalah keputihan. Tumbuhan ini punya sifat anti-inflamasi (bantu redain peradangan) dan anti-jamur (lawan bakteri jahat). Jadinya, bisa meredakan gejala keputihan dan memberikan rasa segar. Caranya, ambil gel dari daun lidah buaya, dan olesin ke miss v. Biarkan beberapa menit dan setelah itu bilas dengan air bersih.

Nah, itu dia obat alami yang bisa sembuhin keputihan. Tapi, perlu kamu ingat ya, kalau setiap perempuan bisa beda-beda reaksinya sama obat alami ini. Jadi, kalau kamu merasa iritasi atau nggak nyaman di area miss v setelah nyoba cara-cara di atas, atau keputihan malah makin rewel, sebaiknya langsung deh konsultasi ke dokter.

Klinik Utama Sentosa, bisa jadi pilihan pengobatan keputihan yang efektif dan terpercaya. Di Klinik Utama Sentosa kamu bakal di periksa langsung sama dokter yang berpengalaman dan kompeten dalam hal ini.

Baca Juga: Dokter Spesialis Ginekologi: Peran dan Penyakit yang Ditangani

Biaya pengobatan pasti mahal ya? Eits, jangan khawatir, karena biaya pengobatan di Klinik Utama Sentosa, pastinya sangat terjangkau. Tapi, pengobatan yang di berikan nggak akan main-main loh.

Jangan tunggu masalah keputihan ini jadi masalah yang bikin kamu makin pusing ya, apalagi bisa ganggu kesehatan kamu. Jadi, ayo segera periksa diri kamu dan konsultasi sama dokter!

About the Author: Rara
penyakit menular seksual pms
Andrologi
Ginekologi

Lokasi Klinik Utama Sentosa

Konsultasikan Keluhan Anda Bersama Dokter Online. Gratis!

Langsung saja konsultasi online atau reservasi online
di nomor +62812-1230-6885 atau dapat mengklik link Konsultasi Gratis. Rahasia Terjamin.

Comments