Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Wanita tak akan asing dengan keputihan, namun terkadang mereka terkecoh antara kondisi keputihan normal dan berlebih lho.

Keputihan adalah kondisi yang umum terjadi pada wanita dan merupakan bagian alami dari sistem reproduksi.

Dalam pembahasan kali ini kita akan mengungkap perbedaan antara keputihan normal dan keputihan berlebih serta faktor-faktor yang perlu wanita kenali dengan baik.

Keputihan Normal

Keputihan normal adalah cairan yang di produksi oleh vagina untuk membersihkan dan melumasi organ intim.

Ini adalah bagian alami dari siklus reproduksi wanita dan merupakan tanda kesehatan yang baik ketika memiliki karakteristik sebagai berikut:

1. Warna: Warna keputihan normalnya lebih bening atau sedikit putih transparan.

2. Konsistensi: Konsistensi keputihan normal dapat bervariasi dari cair hingga sedikit kental, tetapi umumnya tidak menggumpal.

3. Jumlah: Jumlah keputihan ini bervariasi dan dapat berubah-ubah selama siklus menstruasi, tetapi biasanya tidak terlalu banyak atau mengganggu.

4. Bau: Biasanya tidak memiliki bau yang kuat atau tidak sedap. Bau yang tercium pun biasanya tidak menyengat.

Keputihan Berlebih

Sedangkan pada kondisi seperti keputihan berlebih terjadi ketika jumlah keputihan yang di produksi oleh vagina melebihi jumlah yang di anggap normal bagi seorang wanita.

Ini bisa di sebabkan oleh berbagai faktor termasuk infeksi, perubahan hormon, iritasi, atau reaksi alergi. Ciri-ciri keputihan berlebih meliputi:

1. Jumlah Sekresi yang Abnormal: Jika kamu memperhatikan bahwa jumlah keputihan yang keluar dari vagina secara signifikan lebih banyak dari biasanya, ini bisa menjadi tanda keputihan berlebih.

2. Perubahan Warna atau Bau: Keputihan berlebihan seringkali dengan perubahan warna dari putih susu, kekuningan, atau keabu-abuan, serta memiliki bau tidak sedap.

3. Gejala Lain yang Menyertai: Seringkali keputihan ini sertai dengan gejala lain seperti gatal, iritasi, nyeri, atau sensasi terbakar di area vagina.

4. Persisten dan Mengganggu: Keputihan berlebihan yang terjadi secara persisten dan mengganggu aktivitas sehari-hari kamu memerlukan perhatian medis.

Jika sudah begini, pastikan kamu jangan mengabaikan gejalanya dan segera tanyakan pada dokter ginekologi Klinik Utama Sentosa Jakarta untuk evaluasi dan diagnosis tepatnya.

Ilustrasi Keputihan Berlebih pada Wanita

Pentingnya Pengenalan dan Penanganan Tepat Keputihan Berlebih Dokter Ahli

Iya, memahami perbedaan antara yang normal dan keputihan berlebih penting untuk menjaga kesehatan reproduksi wanita.

Keputihan adalah tanda bahwa vagina berfungsi dengan baik dan membersihkan dirinya sendiri.

Namun, keputihan berlebih bisa menjadi tanda adanya masalah kesehatan yang perlu di tangani dengan tepat.

Jika kamu mengalami keputihan berlebih yang mengkhawatirkan atau di sertai dengan gejala lain yang mengganggu

Rekomendasi dan langkah terbaik yang perlu kamu lakukan adalah Konsultasi Dokter Online profesional di Klinik Utama Sentosa segera!

Tenang, dokter akan melakukan pemeriksaan medis secara tepat dan akurat, serta memberikan perawatan yang sesuai sesuai dengan penyebabnya.

Baca Juga: Wanita Wajib Tahu! Inilah 6 Jenis Keputihan yang Berbahaya dan Sering Terjadi

Tunggu apalagi? Yuk coba hubungi kami melalui kontak WhatsApp yang tersedia dan mulai diskusikan keluhan kamu secara pribadi dan langsung disini!

Ingat! Keputihan lebih banyak dapat di kendalikan dan di kurangi dampaknya terhadap kesehatan serta kualitas hidup para wanita! Semoga sehat selalu.

About the Author: Dita
penyakit menular seksual pms
Andrologi
Ginekologi

Lokasi Klinik Utama Sentosa

Konsultasikan Keluhan Anda Bersama Dokter Online. Gratis!

Langsung saja konsultasi online atau reservasi online
di nomor +62812-1230-6885 atau dapat mengklik link Konsultasi Gratis. Rahasia Terjamin.

Comments