Penyakit Menular Seksual (PMS) itu beneran bisa terjadi buat siapa aja loh! Nggak peduli muda atau tua, pria atau wanita, semua bisa kena. Nah makanya tes penyakit menular seksual itu sekarang penting banget buat di lakuin, terlebih buat kamu yang termasuk pelaku seksual aktif berisiko.

Baca Juga: Wajib Tahu! Herpes Kelamin sebagai Salah Satu PMS

Ini bisa jadi salah satu cara terbaik untuk menilai status kesehatan seksual kamu juga nih. Kali ini, di dalam artikel berikut kita akan bahas soal mengapa tes penyakit menular seksual itu termasuk penting banget.

Penyakit Menular Seksual atau PMS

Kita tahu lah ya, namanya PMS itu ada banyak jenis penyakitnya termasuk seperti:

1. Gonore

2. Sifilis

3. Kutil kelamin

4. Herpes genital

5. Klamidia

6. Trikomoniasis

7. HIV atau AIDS

Itu cuma sebagian umum yang uda banyak orang tahu ya, tapi nyatanya banyak juga lainnya loh. Nah, sebagai langkah menjaga kesehatan seksual dan organ reproduksi kita dari beberapa penyakit kaya di atas makanya tes PMS itu penting dan vital.

Mengapa Tes Penyakit Menular Seksual Penting?

Oke, lebih lanjut kita bakal kasih kamu pemahaman soal mengapa tes penyakit menular seksual itu penting dengan pertimbangan seperti:

1. Deteksi Dini Penyakit

Beberapa PMS, seperti HIV dan sifilis itu bisa parah dan bisa level fatal kalo nggak terdeteksi cepat. Kalo kamu tes atau pemeriksaan di dokter Klinik Utama Sentosa dengan cepat dan tepat, artinya identifikasi dini memungkinkan penanganan yang lebih efektif dan optimal tentunya.

2. Pencegahan Penyebaran

Kamu nggak mau kan jadi jahat dengan sebarin penyakit buat orang lain? Dengan mengetahui status PMS kamu lewat tes ini. Artinya kamu bisa ambil, langkah-langkah cegah penyebaran infeksi ke pasangan seksual atau orang lain yang kamu sayangi. Buat memutus mata rantai penularannya.

3. Pengelolaan dan Perawatan yang Efektif

Kalo misal kamu udah tes dan hasilnya positif, ini juga jadi panduan buat kamu bisa ambil tindakan pengelolaan atau perawatan medis yang efektif. Soalnya banyak PMS yang bisa di obati kalo deteksinya dari awal, jadi kamu nggak usah panik duluan.

Baca Juga: Klamidia dan Gonore: Ancaman Serius pada Kesehatan Seksual!

Jenis Tes PMS yang Tersedia

Yap, ada banyak nih jenis tes penyakit menular seksual yang umumnya tersedia buat identifikasi, misalnya:

1. Tes Darah: Tes darah dapat di gunakan untuk mendeteksi berbagai PMS, termasuk HIV, sifilis, dan hepatitis B.

2. Tes Urine: Beberapa PMS kaya klamidia dan gonore, bisa banget nih di deteksi melalui tes urine. Tes ini umumnya mudah di lakukan, kamu cukup kasih sampel urin dan hasilnya

3. Swab Genital: Ada kasus dokter mungkin bakalan ambil sampel dari area genital kamu buat menguji keberadaan infeksi jahat disitu. Biasanya buat cek klamidia, gonore, atau herpes jadi kamu nggak usah takut ya.

4. Tes Pap Smear: Buat wanita, tes Pap smear itu sebagai bagian dari pemeriksaan rutin dan ngecek kanker serviks. Tes ini juga dapat membantu mendeteksi kalo ada perubahan yang di sebabkan oleh infeksi HPV

Kapan Kamu Harus Melakukan Tes PMS?

Nah ininih, yang penting dan perlu kamu tahu. Kapan harus melakukan tes penyakit menular seksual? Pertama, pas kamu selesai berhubungan seks tanpa pengaman, buat memastikan tidak ada infeksi yang di tularkan.

Kedua, baiknya sebelum kamu memutuskan buat having sex sama pasangan baru kamu bisa ambil langkah bijak nih buat lindungi diri dan pasangan bia aman. Selanjutnya, imbauan ini sih sebenernya buat siapa aja yang memang udah akitf melakukan hubungan seksual ya.

Kalo kamu bisa tes PMS secara berkala atau rutin, artinya deteksi dini kemungkinan negatif itu bisa dihindari. Apalagi ada beberapa PMS mungkin tidak menunjukkan gejala awalnya kan. Coba deh kamu konsultasi dokter profesional Klinik Utama Sentosa kalo ada curiga atau khawatir soal penyakit menular seksual atau lainnya. Jangan ragu deh!

tes penyakit menular seksual 2

Solusi Konsultasi Medis Penyakit Menular Seksual

Tes penyakit menular seksual itu ibarat langkah penting buat menjaga kesehatan seksual kita. Kalo bisa di deteksi dini itu kan memberikan keuntungan besar dalam penanganan dan pencegahan penyebaran infeksi yang bisa jadi berbahaya di dalam tubuh kita.

Di Klinik Utama Sentosa, kamu nggak perlu malu atau ragu buat konsultasi soalnya layanan bersifat privasi dan kenyamanan kamu itu kita prioritaskan loh. Ingatlah, mengelola kesehatan seksual adalah tanggung jawab setiap individu.

Baca Juga: Trikomoniasis pada Pria: Gejala, Diagnosis, dan Pengobatan

Kalo kamu bisa konsultasi dokter-dokter berkompeten kita, artinya kamu berkontribusi sebagai individu yang lebih sehat secara keseluruhan. Layanan online juga ada loh, jadi lebih gampang kan buat kamu tanya-tanya langsung sama dokter disini.

Nggak perlu pikir panjang lagi ya guys, konsultasi sekarang dan semoga sehat selalu!

About the Author: Dita
penyakit menular seksual pms
Andrologi
Ginekologi

Lokasi Klinik Utama Sentosa

Konsultasikan Keluhan Anda Bersama Dokter Online. Gratis!

Langsung saja konsultasi online atau reservasi online
di nomor +62812-1230-6885 atau dapat mengklik link Konsultasi Gratis. Rahasia Terjamin.

Comments