Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Penyakit kelamin wanita dapat di sebabkan oleh berbagai faktor, dan dapat menimbulkan gejala yang bervariasi, mulai dari ringan hingga parah.

Tidak jarang juga beberapa penyakit kelamin wanita, dapat menyebabkan ketidaksuburan pada wanita yang mengalaminya.

Namun sayangnya, banyak wanita yang masih belum mengetahui apa saja jenis penyakit kelamin wanita yang berbahaya.

Untuk mengetahui apa saja jenis penyakit kelamin wanita yang jarang di ketahui dan yang berbahaya, silahkan simak artikel ini sampai habis.

Jenis Penyakit Kelamin Wanita

Penyakit kelamin pada wanita adalah kondisi kesehatan yang dapat memengaruhi organ reproduksi atau sistem reproduksi wanita.

Beberapa penyakit kelamin juga dapat di sebabkan oleh infeksi bakteri, jamur, parasit, atau virus yang menular melalui hubungan seksual.

Namun, terdapat beberapa penyakit kelamin wanita yang masih jarang di ketahui, tetapi dampaknya dapat sangat berbahahaya, seperti:

1. Vaginitis

Vaginitis merupakan peradangan pada vagina yang dapat menyebabkan gatal di area genital dan perubahan pada keputihan normal.

Penyakit ini di sebabkan oleh ketidakseimbangan bakteri normal yang ada di vagina. Selain itu, penyakit ini juga bisa di sebabkan oleh faktor lainnya seperti:

  • Infeksi jamur
  • Iritasi atau alergi
  • Penyakit menular seksual
  • Menopause

Untuk mengobati vaginitis, dokter akan meresepkan pengobatan yang sesuai dengan penyebabnya, seperti antibiotik, antijamur, atau terapi pengganti hormon.

2. Vulvitis

Vulvitis merupakan peradangan yang terjadi di vulva, lipatan kulit di bagian luar organ kelamin wanita.

Penyakit kelamin ini di tandai dengan rasa gatal dan perih di area genital wanita. Umumnya, penyakit ini bukanlah suatu kondisi yang serius.

Namun, vulvitis bisa menjadi gejala dari penyakit atau kondisi medis lainnya yang lebih berbahaya, seperti infeksi.

3. Erosi Serviks

Erosi serviks adalah kondisi yang terjadi ketika sel jaringan yang melapisi bagian dalam serviks (leher rahim), tumbuh di luar leher rahim.

Pada sebagian besar kasus, wanita yang mengalami erosi serviks tidak mengalami gejala yang nyata. Jika ada, gejalanya dapat berupa:

  • Keputihan
  • Perdarahan setelah atau selama berhubungan seksual
  • Sakit saat atau setelah berhubungan seksual
  • Keluar becak darah di luar siklus menstruasi

Namun, penyakit ini tidaklah berbahaya dan bukan pertanda dari penyakit tertentu, seperti kanker serviks.

4. Radang Panggul (PID)

Radang panggul atau Pelvic Inflammatory Disease (PID) adalah infeksi yang terjadi pada organ reproduksi di dalam panggul, seperti serviks (leher rahim), rahim, dan ovarium.

Salah satu penyebab paling umum dari penyakit kelamin wanita ini adalah infeksi menular seksual, seperti klamidia atau gonore.

Jenis penyakit kelamin wanita yang satu ini adalah penyakit kelamin yang berbahaya jika tidak di tangani dengan tepat, karena dapat menyebabkan komplikasi seperti:

  • Kemandulan atau infertilitas
  • Kehamilan ektopik (kehamilan di luar rahim)
  • Nyeri panggul kronis
  • Sepsis (tekanan darah turun drastis)
  • Abses (penumpukan nanah) pada tuba falopi atau ovarium

Penting untuk mengetahui bahwa beberapa jenis penyakit kelamin wanita di atas dapat di cegah dengan melakukan pemeriksaan kesehatan reproduksi secara rutin.

Kamu bisa melakukan pemeriksaan kesehatan reproduksi secara rutin di Klinik Utama Sentosa yang berlokasi di Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Baca Juga: Cek! 4 Daftar Kasus Infeksi Menular Seksual (IMS) Terbanyak di Indonesia

jenis penyakit kelamin wanita 2

Pencegahan dan Pengobatan Penyakit Kelamin Wanita

Seperti yang telah di jelaskan sebelumnya, beberapa jenis penyakit kelamin wanita di atas dapat di cegah dengan cara melakukan pemeriksaan kesehatan reproduksi secara rutin.

Namun, terdapat beberapa cara lain yang dapat di lakukan untuk mencegah penyakit tersebut seperti:

1. Hindari berhubungan seksual yang tidak aman

2. Hindari penggunaan sabun pembersih yang dapat mengiritasi

3. Menjaga area kewanitaan tetap bersih

Jika kamu mengkhawatirkan adanya penyakit kelamin wanita atau memiliki beberapa gejala dari penyakit tersebut, segera lakukan pemeriksaan di Klinik Utama Sentosa.

Di sana kamu akan di periksa dan di tangani langsung oleh dokter ginekologi yang berpengalaman dan kompten dalam mengatasi berbagai jenis penyakit kelamin wanita.

Serta pemeriksaan juga akan di lakukan dengan menggunakan fasilitas medis yang lengkap dan terkini, sehingga diagnosis dan pengobatan yang di berikan akan akurat dan efektif.

Jangan malu untuk berkonsultasi dengan dokter kami, karena kami akan selalu memprioritaskan privasi, kenyamanan, dan pastinya kesehatan kamu.

Segera hubungi dokter melalui layanan konsultasi online yang dapat kamu akses melalui Chat Whatsapp yang tersedia 24, gratis!

Jangan tunggu penyakit yang kamu alami semakin berbahaya dan mengancam kehidupan kamu ya!

About the Author: Rara
penyakit menular seksual pms
Andrologi
Ginekologi

Lokasi Klinik Utama Sentosa

Konsultasikan Keluhan Anda Bersama Dokter Online. Gratis!

Langsung saja konsultasi online atau reservasi online
di nomor +62812-1230-6885 atau dapat mengklik link Konsultasi Gratis. Rahasia Terjamin.

Comments