Yap, vaginitis itu beneran bisa bikin para wanita nggak nyaman, apalagi kalo bikin area vagina gatal sampe terjadi. Makanya, buat atasi gejala ini dengan efektif, kamu perlu kenalan dulu nih sama jenis-jenis vaginitis yang mungkin jadi penyebabnya.

Baca Juga: Apa Saja Gejala Erosi Serviks yang Perlu Kamu Tahu?

Biar lebih paham, yuk simak penjelasan kita kali ini soal jenis-jenis vaginitis yang bisa jadi penyebab gatal-gatal itu. Sekalian kasih kamu tips buat atasinya oke?

Gejala Area Vagina Gatal

Oke, mari bahas ini santai aja. Jadi, kalo ada gejala area vagina gatal itu bisa disebabkan oleh beberapa hal yang bikin kamu nggak nyaman banget. Nah, gatal di area itu bisa jadi karena vaginitis, yang artinya peradangan di vagina.

Kalau udah gatal-gatal di tambah gejala keputihan abnormal, lebih baik langsung konsultasi sama dokter ginekologi Klinik Utama Sentosa Jakarta aja. Ingat, nggak usah malu buat peduli sama kesehatan area vagina ya.

6 Jenis Vaginitis Penyebab Area Vagina Gatal

Jenis vaginitis yang bikin area vagina kamu gatal itu ada 6 yang umum di ketahui jadi penyebabnya, di antaranya adalah:

1. Vaginitis Bakterial (Bacterial Vaginosis)

Ini nih, yang di sebabin ketidakseimbangan bakteri di vagina. Gatal, bau nggak enak, dan keputihan warna abu-abu atau putih bisa jadi gejalanya. Solusinya? Biasanya dokter ahli Klinik Utama Sentosa bakal kasih resep antibiotik yang sesuai sama kondisi kamu.

2. Vaginitis Jamur (Yeast Infection)

Jamur di area vagina? Iya, itu bisa terjadi! Gejalanya  ya termasuk area vagina gatal, keputihan kayak keju, dan sakit pas kencing. Biasanya diobati pake krim atau minum obat tertentu.

3. Vaginitis Parasit (Trichomoniasis)

Ini karena parasit loh. Gejalanya gatal, sakit pas seks, terus ada keputihan kuning atau hijau bisa jadi gejalanya. Kalo begini, pastiin kamu cepet-cepet konsultasi dan penanganan medis sama dokter di Klinik Utama Sentosa buat kasih penanganan tepatnya, oke?

4. Vaginitis Atrofi (Atrophic Vaginitis)

Khusus buat wanita yang udah meranjak menopause, jenis vaginitis atrofi itu di sebabkan turunnya kadar hormon. Emang biasanya bikin area vagina gatal, kering, dan sakit saat berhubungan. Pengobatannya pake terapi penggantian hormon atau perawatan lokal.

Baca Juga: Bibir Vagina Bengkak? Ketahui Penyebabnya

5. Vaginitis Kimia (Chemical Vaginitis)

Ini gara-gara paparan bahan kimia atau iritan yang masuk ke area vagina kamu. Tandanya gatal, kemerahan, dan bengkak di area kewanitaan. Buat atasinya, kamu harus pilih produk kebersihan yang lembut ya, biar aman.

6. Vaginitis Alergi (Allergic Vaginitis)

Kalo kamu alergi sama bahan tertentu, kayak lateks atau spermisida juga bisa sebabin jenis vaginitis alergi. Gejalanya mirip sama yang lain, gatal dan keputihan. Jadi, hindari bahan yang bikin alergi ya!

Tips Pencegahan dan Perawatan

Kalo kamu nggak mau ada keluhan kaya area vagina gatal terjadi, coba deh terapin tips pencegahan dan perawatan yang ini:

1. Mandi pakai sabun yang ringan dan bebas pewangi.

2. Hindari douching, nggak baik buat keseimbangan bakteri di area vagina.

3. Pake baju dalam yang nyaman, preferensi katun.

4. Jaga pH area vaginadengan hidup sehat.

5. Jangan biarkan area vagina lembab dalam jangka waktu lama.

6. Kalo ada gejalamencurigakan, langsung konsultasi sama dokter

Pokoknya, kalo ada gejala atau kekhawatiran yang bikin kamu nggak nyaman di area sensitif itu, jangan ragu buat konsultasi sama dokter berkompeten Klinik Utama Sentosa biar kasih solusi yang bener-bener tepat.

area vagina gatal 2

Pilihan Tepat Konsultasi Medis Dokter Profesional

Ingat ya buat kamu para wanita-wanita, penting banget buat ngejaga kesehatan vagina sebagai bagian dari tanggung jawab. Jangan ragu konsultasi sama dokter profesional di Klinik Utama Sentosa kalo ada masalah.

Setiap tubuh emang beda-beda dan unik. Kalo udah kenal karakteristik tubuh sendiri, kita bisa lebih cepet nangkep kalo ada yang nggak beres dan bisa kasih tindakan sedini mungkin buat atasi masalahnya kan.

Kamu nggak perlu khawatir, disini dokter-dokter berpengalaman kita bakal kasih kamu perawatan medis komprehensif yang tepat buat kasih kesembuhan optimal. Akses konsultasi online live chat 24 jam atau WA dokter gratis juga hadir buat kasih kamu kemudahan.

Baca Juga: Apa Penyebab Keputihan: Menyingkap Kesehatan Wanita

Tenang aja! Setiap aspek layanan yang kami berikan tanpa stigma dan memperhatikan kenyamanan, biaya terjangkau, serta privasi kamu kok. Nggak ada yang salahnya buat peduli sama kesehatan genital loh, sebelum keluhan area vagina gatal malah jadi tambah parah!

Semoga tips ini membantu buat tetap nyaman dan hindari yang namanya gatal-gatal. Stay healthy ya ladies!

About the Author: Dita
penyakit menular seksual pms
Andrologi
Ginekologi

Lokasi Klinik Utama Sentosa

Konsultasikan Keluhan Anda Bersama Dokter Online. Gratis!

Langsung saja konsultasi online atau reservasi online
di nomor +62812-1230-6885 atau dapat mengklik link Konsultasi Gratis. Rahasia Terjamin.

Comments