Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Radang panggul merupakan suatu kondisi medis yang dapat menimbulkan risiko serius bagi kesehatan reproduksi wanita.

Jika penyakit ini tidak di tangani dan di obati dengan benar, maka radang panggul dapat menyebabkan nyeri kronis, bahkan bahaya radang panggul lainnya.

Oleh karena itu, penting untuk setiap wanita mengetahui gejala, penyebab, hingga apa saja bahaya radang panggul untuk mencegah terjadinya penyakit ini.

Simak artikel di bawah ini untuk penjelasan mengenai radang panggul lebih lanjut.

Apa Itu Radang Panggul?

Radang panggul atau pelvic inflammatory disease (PID) adalah infeksi yang terjadi pada organ reproduksi wanita, seperti ovarium, rahim, hingga serviks (leher rahim).

Penyakit ini seringkali di sebabkan oleh infeksi menular seksual, seperti klamidia, gonore, trikomoniasis, dan herpes kelamin.

Oleh karena itu, penyakit ini seringkali di alami oleh wanita berusia 15 sampai 25 tahun, yang telah aktif berhubungan seksual.

Gejala Radang Panggul

Pada sebagian besar kasus, radang panggul tidaklah menimbulkan gejala, sehingga banyak wanita yang tidak menyadari kondisi ini.

Namun, seiring berkembangnya penyakit, akan muncul juga gejala-gejala radang panggul, seperti:

1. Nyeri pada perut dan panggul bagian bawah

2. Dispareunia (nyeri saat berhubungan seksual)

3. Nyeri saat buang air kecil

4. Terjadi perdarahan di luar siklus menstruasi

5. Menorrhagia (menstruasi yang deras dan lebih lama)

6. Keputihan abnormal

7. Demam, lelah, mual, dan muntah

Jika kamu mengalami beberapa gejala radang panggul di atas, segeralah lakukan pemeriksaan ke layanan kesehatan ginekologi, seperti Klinik Utama Sentosa.

Bahaya Radang Panggul Jika Tidak Ditangani

Jika radang panggul tidak segera di tangani, maka risiko terjadinya komplikasi atau bahaya radang panggul akan meningkat.

Berikut ini adalah beberapa bahaya radang panggul yang perlu di perhatikan, seperti:

1. Nyeri Panggul Kronis

Radang panggul dapat menyebabkan nyeri panggul kronis yang dapat mengganggu aktivitas dan kualitas hidup sehari-hari.

Nyeri ini dapat bersifat terus menerus atau secara bertahap, sehingga berdampak negatif pada kesehatan dan mental penderitanya.

2. Kehamilan Ektopik

Salah satu bahaya radang panggul yang serius adalah kehamilan ektopik, yang terjadi ketika sel telur yang telah di buahi terperangkap di luar rahim, biasanya di dalam saluran tuba.

Kondisi ini memerlukan perhatian medis segera, dan jika tidak ditangani maka kondisi ini dapat mengancam jiwa.

3. Abses pada tuba falopi atau ovarium

Radang panggul dapat menyebabkan pembentukan abses, terutama di saluran tuba falopi atau ovarium.

Abses ini yang dapat mengakibatkan nyeri parah, gangguan fungsi organ reproduksi, dan dapat menyebabkan masalah kesehatan lain yang lebih serius.

4. Infertilitas

Infertilitas atau kemandulan adalah salah satu dari bahaya radang panggul. Kondisi ini di sebabkan oleh peradangan yang dapat merusak jaringan dan organ reproduksi wanita.

Kondisi ini bisa menjadi beban emosional yang berat bagi penderita atau pasangan yang berharap untuk memiliki keturunan.

Baca Juga: 4 Jenis Penyakit Kelamin Wanita yang Jarang Diketahui, Mana yang Berbahaya? Cek Disini

bahaya radang panggul 2

Pentingnya Konsultasi dan Pemeriksaan Kesehatan Reproduksi Secara Rutin

Mengingat gejala yang tidak muncul di awal infeksi serta bahaya radang panggul di atas, maka konsultasi dan pemeriksaan kesehatan reproduksi secara rutin menjadi sangat penting.

Konsultasi dan pemeriksaan kesehatan reproduksi secara rutin memiliki peran penting dalam mendeteksi, mengatasi, serta mencegah bahaya radang panggul.

Oleh karena itu, pastikan selalu berkonsultasi dan jalani pemeriksaan kesehatan secara rutin di layanan terpercaya, seperti di Klinik Utama Sentosa.

Dokter ginekologi yang kompeten dan berpengalaman, dapat membantu dalam mendeteksi dini gejala radang panggul atau masalah kesehatan lainnya.

Selain itu, dokter juga akan melakukan pemeriksaan menggunakan peralatan medis yang lengkap dan modern, untuk mengidentifikasi adanya infeksi menular seksual.

Tak perlu khawatir, karena dokter akan memberikan pengobatan dan perawatan yang tepat dan sesuai dengan kondisi kamu.

Oleh karena itu, untuk mencegah terjadinya bahaya radang panggul, konsultasikan segera melalui Chat Whatsapp.

Layanan tersebut dapat kamu gunakan untuk berdiskusi dengan dokter, secara gratis dan layanan ini tersedia selama 24 jam!

Ayo, pastikan kesehatan kamu terjaga ya, hindari berbagai masalah kesehatan dengan selalu berkonsultasi dengan dokter yang tepat!

About the Author: Rara
penyakit menular seksual pms
Andrologi
Ginekologi

Lokasi Klinik Utama Sentosa

Konsultasikan Keluhan Anda Bersama Dokter Online. Gratis!

Langsung saja konsultasi online atau reservasi online
di nomor +62812-1230-6885 atau dapat mengklik link Konsultasi Gratis. Rahasia Terjamin.

Comments