Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Pada umumnya, kutil kelamin pria sering kali di tandai dengan munculnya benjolan kecil yang tidak terasa gatal atau perih, tetapi bisa berbahaya.

Ya, seperti namanya, kutil kelamin dapat di tandai dengan munculnya kutil pada area kelamin pria, yang di sebabkan oleh infeksi virus Human Papillomavirus.

Meskipun tidak menimbulkan rasa sakit, tetapi penyakit ini dapat menular dan membawa komplikasi serius jika tidak di obati.

Oleh karena itu, mari kita simak tentang dampak dari kutil kelamin pria yang berbahaya di bawah ini.

Penyebab dan Gejala Kutil Kelamin Pria

Kutil kelamin yang di sebut juga sebagai penyakit jengger ayam, adalah salah satu jenis infeksi menular seksual yang dapat menyerang siapa saja, termasuk pria.

Penyakit ini di sebabkan oleh infeksi Human Papillomavirus (HPV), yang memiliki lebih dari 100 jenis. Namun, tipe 6 dan 11 adalah jenis yang paling sering sebabkan kutil kelamin.

HPV dapat ditularkan melalui kontak kulit ke kulit selama aktivitas seksual, termasuk hubungan seksual vaginal, anal, dan oral.

Pada umumnya, penyakit ini hanya di tandai dengan munculnya benjolan atau kutil di area genital, berbentuk datar atau seperti kembang kol, dan berwarna seperti kulit atau gelap.

Namun, pada beberapa kasus, kutil kelamin pria dapat menimbulkan beberapa ketidaknyamanan, seperti:

  • Gatal atau tidak nyaman di area yang terinfeksi
  • Peradangan atau iritasi pada kulit di sekitar kutil
  • Perdarahan selama atau setelah berhubungan seksual

Apakah Kutil Kelamin Pria Berbahaya?

Tidak hanya menyebabkan rasa ketidaknyamanan, tetapi kutil kelamin pria juga berbahaya, terutama jika tidak di tangani dengan tepat.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa kutil kelamin pria bisa di anggap berbahaya, antara lain:

1. Risiko Penyebaran Virus

Meskipun terkadang tidak menimbulkan gejala, virus tetap akan berada di dalam tubuh dan dapat menular melalui hubungan seksual.

2. Komplikasi Kesehatan

Tipe HPV yang sebabkan kutil kelamin, juga dapat berisiko tinggi untuk berkembang menjadi sel-sel kanker, termasuk kanker penis dan anus.

3. Ketidaknyamanan Fisik

Gejala kutil kelamin yang awalnya ringan, bisa berkembang seiring waktu. Kutil dapat membesar dan menyebar ke area genital lainnya, yang pada akhirnya sebabkan rasa sakit.

Itulah berbagai bahaya yang dapat di timbulkan oleh kutil kelamin pria yang tidak di obati. Oleh karena itu, penting bagi pria untuk memahami risiko ini dan mengambil langkah tepat.

kutil kelamin pria berbahaya 2

Metode Pengobatan dan Perawatan Pasca Pengobatan

Setelah mengetahui apakah kutil kelamin pria berbahaya, langkah tepat yang harus di ambil selanjutnya adalah mencari pengobatan yang tepat untuk mengatasinya.

Tidak perlu khawatir, karena kamu dapat berkonsultasi dan mendapatkan pengobatan kutil kelamin dengan bantuan dokter yang berpengalaman di Klinik Utama Sentosa.

Terdapat berbagai macam metode pengobatan yang tersedia, seperti obat-obatan topikal hingga beberapa prosedur medis, seperti:

  • Krioterapi (Pembekuan Kutil)
  • Elektrokauteri (Pembakaran Kutil dengan Listrik)
  • Laser Terapi (Penghilangan Kutil dengan Sinar Laser)
  • Eksisi (Pengangkatan Kutil dengan Bedah)

Tidak perlu khawatir, dokter akan memberikan saran yang tepat untuk setiap pasien, dengan mempertimbangkan tingkat keparahan dan kondisi setiap pasien.

Setelah menjalani pengobatan, penting untuk melakukan perawatan yang tepat, termasuk:

  • Menjaga kebersihan area yang di obati
  • Menghindari aktivitas yang dapat memperburuk luka
  • Melakukan praktek seksual yang aman

Dengan menerapkan beberapa langkah tersebut, kamu dapat mencegah kutil kelamin pria berkembang semakin berbahaya.

Baca Juga: Klinik Kelamin Terbaik di Jakarta, Solusi Tepat untuk Masalah Kelamin Anda!

Segera Berkonsultasi dengan Dokter Klinik Utama Sentosa Untuk Mencegah Kutil Kelamin Pria yang Berbahaya

Seperti yang telah di jelaskan di atas, kutil kelamin pria bisa berbahaya jika tidak di tangani dengan pengobatan yang tepat.

Oleh sebab itu, sangat penting untuk segera berkonsultasi dengan dokter penyakit kulit dan kelamin yang terpercaya seperti di Klinik Utama Sentosa, untuk mendapatkan pengobatan.

Tidak perlu khawatir, kamu akan ditangani dan di periksa langsung oleh tim medis yang berpengalaman, kompeten, dan profesional.

Selain itu, dokter juga akan melakukan pemeriksaan hingga pengobatan, yang di bantu oleh peralatan medis yang lengkap, modern, dan berstandar tinggi.

Sehingga, hasil pemeriksaan hingga pengobatan yang di berikan akan tepat. Jadi, jangan ragu, segera konsultasikan keluhan kamu dengan tim medis kami.

Kamu dapat berkonsultasi melalui layanan Konsultasi Dokter Online, yang tersedia selama 24 jam dan gratis!

Ingat! Penting untuk segera mendapatkan pengobatan, agar berbagai dampak buruk dan berbahaya bisa di hindari.

About the Author: Rara
penyakit menular seksual pms
Andrologi
Ginekologi

Lokasi Klinik Utama Sentosa

Konsultasikan Keluhan Anda Bersama Dokter Online. Gratis!

Langsung saja konsultasi online atau reservasi online
di nomor +62812-1230-6885 atau dapat mengklik link Konsultasi Gratis. Rahasia Terjamin.

Comments