Keputihan saat hamil bisa bikin kita merasa bingung dan khawatir, ya kan? Tenang aja moms, kamu nggak perlu panik! Kehamilan itu waktu yang spesial banget dalam hidup seorang wanita, tapi seringkali diiringi dengan sejumlah perubahan tubuh yang mungkin nggak kamu duga.

Baca Juga: Kenapa Wanita Sering Mengalami Keputihan? Kenali Penyebabnya

Nah, pembahasan kali ini kita akan bahas semua yang perlu kamu tahu. Mulai dari apa penyebabnya dan apa yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah ini. Jadi, jangan kemana-mana ya, tetapi di sini dan simak terus ya!

Apa Itu Keputihan?

Jadi, keputihan itu adalah kondisi alami ketika kamu merasa ada lendir yang keluar dari vagina. Nah, ini bisa jadi salah satu hal yang bikin perempuan hamil agak bingung.

Kamu tau nggak, waktu hamil tubuh kamu bisa jadi luar biasa, ada banyak perubahan yang bakal terjadi. Salah satunya adalah perubahan di area genital, jadi kehamilan bisa memengaruhi produksi keputihan ini.

Satu hal penting lagi nih, keputihan saat hamil itu sebenernya hal yang umum loh. Jadi, nggak perlu khawatir kalau kamu mengalaminya.

Penyebab Keputihan Saat Hamil

Oke, sekarang kita bahas, jadi kenapa sih keputihan itu bisa muncul saat hamil? Nah, ini bisa di sebabkan oleh beberapa hal nih:

1. Peningkatan Hormon Estrogen

Nih, lebih simpelnya, selama hamil, hormon yang di sebut estrogen bisa naik banget. Nah, hormon ini punya peran penting buat menjaga keseimbangan cairan di area genital.

Kenaikan hormon ini bisa bikin kelenjar lendir di sana jadi lebih aktif dan menghasilkan lebih banyak lendir. Makanya, ini yang jadi penyebab keputihan saat hamil jadi hal yang umum di alami oleh ibu hamil.

Baca Juga: Kenapa Keluar Cairan Putih dari Kemaluan (Miss V), Normalkah?

2. Infeksi Jamur

Nah, yang kedua, infeksi jamur. Jadi, bisa aja selama hamil, kamu kena infeksi jamur yang di sebut Candida. Kalau kamu kena ini, biasanya keputihan jadi lebih kental, putih, menggumpal, dan bisa bikin kamu merasa gatal atau perih di daerah genital. Nah, perubahan hormon selama kehamilan ini bisa bikin infeksi jamur jadi lebih gampang muncul, loh.

penyebab keputihan saat hamil 2

3. Vaginosis Bakterialis

Penyebab keputihan saat hamil, juga bisa di sebabin sama penyakit vaginosis bakterialis. Jadi, ini terjadi saat keseimbangan bakteri di area kewanitaan kamu jadi kacau. Akibatnya, keputihan bisa berubah jadi berbau nggak enak, dan berubah warna jadi abu-abu atau keputihan abu-abu gitu. Nah, penyakit ini juga bisa bikin nyeri saat berhubungan seksual atau buang air kecil.

Baca Juga: Ini 5 Obat Alami Untuk Atasi Keputihan

Vaginosis bakterialis, bisa sembuh dan reda sendiri. Tapi, kondisi ini masih perlu kamu waspadai, karena bisa bikin kamu jadi kena penyakit radang panggul, kelahiran bayi prematur, bahkan bisa bikin kamu keguguran. Jadi, konsultasi deh sama dokter, kalau kamu ngerasain ini!

4. Trikomoniasis

Terus yang terakhir, namanya trikomoniasis. Jadi, ini tuh infeksi menular seksual yang di sebabkan sama parasit yang namanya Trichomonas vaginalis. Nah, kalau kamu kena ini, keputihan kamu bisa berwarna kuning atau hijau gitu, dan baunya nggak enak banget. Nggak cuma itu, kadang-kadang juga bisa bikin gatal dan perih di sekitar daerah kewanitaan.

Kalau penyakit ini jadi penyebab keputihan saat hamil, hal ini bisa berisiko menimbulkan kelainan pada janin, lahir prematur, bahkan bisa bikin berat badan bayi pada saat lahir jadi rendah. Jadi, kalau kamu merasa ada gejala kayak gini, mending langsung konsultasi ke dokter ya. Gak boleh di sepelekan!

Nah, kalau kamu ngerasain ada yang janggal dan aneh sama keputihan kamu, kamu bisa konsultasi sama dokter ginekologi di Klinik Utama Sentosa. Dokter bisa bantu kamu buat atasi masalah yang lagi kamu hadapin.

Baca Juga: Dokter Spesialis Ginekologi: Peran dan Penyakit yang Ditangani

Di Klinik Utama Sentosa, kamu pastinya bakal di periksa sama dokter yang udah berpengalaman, peralatan medis buat periksa penyakit kamu udah pasti lengkap dan canggih, kamu juga pastinya bakal dapet perawatan yang nyaman dan efektif.

Nah, jadi jangan tunggu penyakit kamu jadi makin ribet ya! Karena kamu bisa dateng langsung ke Klinik Utama Sentosa buat periksa kondisi kamu, yang pastinya staf medis dan dokter kami bakal bikin kamu nyaman dan kamu bisa tenang ngejalanin pengobatan!

About the Author: Rara
penyakit menular seksual pms
Andrologi
Ginekologi

Lokasi Klinik Utama Sentosa

Konsultasikan Keluhan Anda Bersama Dokter Online. Gratis!

Langsung saja konsultasi online atau reservasi online
di nomor +62812-1230-6885 atau dapat mengklik link Konsultasi Gratis. Rahasia Terjamin.

Comments