Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Uretritis adalah suatu kondisi ISK yang terjadi ketika uretra atau saluran pipis pada laki-laki terasa nyeri atau sakit.

Kondisi ini biasanya lebih terasa di ujung kepala kelamin atau nyeri di akhir saat pipis.

Meski uretritis lebih cenderung mempengaruhi wanita, tetapi gejalanya cenderung lebih mencolok pada kaum laki-laki loh.

Tak jarang, uretritis menjadi gejala utama saluran pipis laki-laki nyeri, bengkak, dan kemerahan hingga mengganggu kenyamanan penderitanya.

Maka dari itu, mari kita telusuri secara mendalam kondisi terkait keluhan urologi tersebut beserta tips pengobatan efektifnya berikut ini.

Apa Penyebab Saluran Pipis Laki-laki Nyeri?

Uretritis laki-laki dapat di sebabkan oleh infeksi bakteri atau virus. Tetapi pada umumnya, infeksi bakteri menjadi penyebab utamanya.

Bakteri yang paling sering terlibat dalam kasus ini adalah Neisseria gonorrhoeae (penyebab gonore) dan Chlamydia trachomatis.

Kedua bakteri ini dapat menyebabkan peradangan pada saluran pipis laki-laki dan menghasilkan gejala nyeri yang tidak menyenangkan.

Gejala Uretritis pada Laki-laki

Selain merasakan saluran pipis yang terasa nyeri, kondisi uretriris juga akan di sertai dengan gejala tambahan lain seperti:

1. Rasa Terbakar atau Perih saat Pipis: Hal ini disebabkan oleh peradangan pada dinding uretra.

2. Bengkak dan Kemerahan: Uretra yang terinfeksi dapat menjadi bengkak dan merah,terkadang juga rasa gatal pada area tersebut.

3. Keluar Cairan dari Uretra: Pada beberapa kasus, pria dengan uretritis dapat mengalami keluarnya cairan yang tidak normal dari saluran pipis.

4. Rasa Tidak Nyaman di Panggul: Beberapa pria juga melaporkan adanya rasa tidak nyaman atau nyeri daerah panggul.

5. Pipis Tidak Tuntas atau Anyang-anyanyan: Sensasi pipis tidak tuntas atau anyang-anyangan juga sering di alami oleh penderita uretritis.

Jika kamu mencurigai adanya gejala seperti diatas atau memiliki kekhawatiran akan kondisi infeksi kelamin lainnya.

Konsultasikan dengan dokter ahli di Klinik Utama Sentosa Jakarta sesegera mungkin untuk mendapat diagnosis akurat keluhannya.

Tips dan Pengobatan Tepatnya

Tips terbaik untuk mengatasi kondisi saluran pipis laki-laki yang nyeri, bengkak, dan kemerahan ini dapat di lakukan dengan pengelolaan holistik.

Misalnya minum banyak air, hindari makanan atau minuman bersifat iritan, praktik seksual yang bersih dan aman, hingga penggunaan pakaian yang tepat.

Namun, jika keluhan terlanjur di alami, maka penting untuk segera melakukan pengobatan medis sesuai anjuran dokter Klinik Utama Sentosa.

Pengobatan saluran pipis yang nyeri dapat di lakukan dengan antibiotik untuk infeksi bakteri.

Selain itu, tambahan obat lain juga mungkin di rekomendasikan seperti antiinflamasi, antinyeri, bahkan terapi fisik tertentu.

Gambar Saluran Pipis Laki-laki Nyeri

 

Konsultasi Online Dokter Profesional Atasi Uretriris Segera!

Ingat! Cara mengatasi saluran pipis laki-laki yang nyeri disertai gejala lain memerlukan pendekatan holistik.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ini mencakup pemahaman gejala, perubahan gaya hidup, dan pengobatan yang sesuai di Klinik Utama Sentosa.

Baca Juga: Infeksi Bakteri: Apakah Ini Penyebab Penyakit Uretritis?

Jangan tunda untuk berkonsultasi dengan dokter profesional kami sebelum kondisi keluhan lebih buruk seiring berjalannya waktu.

Tak perlu khawatir, akses chat online 24 jam WhatsApp dokter tersedia gratis untuk memudahkan mobilitas kamu disini.

Tunggu apalagi, silahkan klik dan dapatkan diagnosis akurat beserta perawatan komprehensif sesuai kondisi kamu sekarang!

Dengan perhatian medis yang tepat, banyak kasus nyeri pada saluran pipis dapat di atasi dengan efektif dan memastikan kembali kenyamanan dan kesehatan optimal bagi laki-laki.

About the Author: Dita
penyakit menular seksual pms
Andrologi
Ginekologi

Lokasi Klinik Utama Sentosa

Konsultasikan Keluhan Anda Bersama Dokter Online. Gratis!

Langsung saja konsultasi online atau reservasi online
di nomor +62812-1230-6885 atau dapat mengklik link Konsultasi Gratis. Rahasia Terjamin.

Comments