Bicara tentang penyakit uretritis, pasti banyak yang penasaran, “kenapa bisa begini ya?”. Nah, sebenernya penyebab uretritis nggak terlalu rumit. Tapi, kalau udah tau, malah bikin kamu jadi risih dan khawatir.

Baca Juga: Wajib Tahu! Bahaya Penyakit Uretritis Pada Pria

Uretritis itu bukan masalah yang sepele, loh. Penyakit yang satu ini sering banget bikin masalah di saluran kemih kamu. Nah, penyebab utamanya itu adalah infeksi bakteri.

Kalian pasti pengen tau, kenapa infeksi bakteri bisa jadi penyebab utama dari penyakit ini yang bisa bikin nggak nyaman saat buang air kecil. Makanya, yuk kita bahas gimana caranya si bakteri itu bisa bikin kamu kena penyakit ini.

Apa Itu Uretritis?

Jadi, uretritis itu sebenernya apa sih? Nah, uretritis adalah kondisi yang bikin uretra jadi kesel. Uretra adalah saluran kecil yang bawa urin dari kandung kemih keluar dari tubuh. Biasanya, uretra ini meradang, bengkak, dan iritasi.

Penyebab Uretritis

Oke, kita bahas tentang penyebab utama dari penyakit uretritis. Uretritis itu sebenernya sering banget di sebabin sama infeksi bakteri. Jadi, bakteri ini bisa masuk ke uretra kamu melalui berbagai cara.

Baca Juga: Infeksi Uretra, Ini yang Sebabkan Kamu Sakit Kencing loh!

Nah, begitu mereka masuk, biasanya mereka bikin masalah di uretra. Mereka berkembang biak dan bikin uretra jadi meradang, bengkak, dan iritasi. Selain, infeksi bakteri ternyata uretritis juga bisa di sebabin sama faktor lain loh, kayak:

1. Iritasi karena Penggunaan Spermisida

Jadi, kalau kamu sering pakai spermisida buat nambah perlindungan pas berhubungan seksual, itu bisa bikin uretra kamu iritasi. Nah, itu bisa terjadi karena spermisida punya zat-zat kimia yang bisa bikin pedih setelah pake spermisida.

2. Cedera

Kalau kamu pernah mengalami cedera di area uretra, ini juga bisa jadi pemicu uretritis. Uretra yang cedera bisa jadi lebih rentan terhadap infeksi, jadi hati-hati ya.

3. Trikomoniasis

Nah, ada juga si parasit jahat trichomonas yang bisa bikin kamu terkena penyakit trikomoniasis. Jadi, dia suka banget bikin ulah di uretra, dan gejalanya bisa mirip sama penyakit uretritis.

4. Infeksi Virus

Gak cuma bakteri, virus-virus kayak HPV, herpes simplex, dan cytomegalovirus juga bisa jadi penyebab uretritis. Virus ini bisa bikin uretra kamu jadi nggak nyaman, jadi kamu perlu waspada buat hindari penularannya ya.

Jenis Uretritis

Jenis dari penyakit uretritis itu ada dua, dan jenisnya bisa tergantung sama penyebabnya. Ini dia nih, penjelasan dari kedua jenis uretritis:

1. Uretritis Gonokokal: Nah, jenis ini gara-gara si bakteri Neisseria gonorrhoeae, atau yang di kenal dengan gonore.

2. Uretritis Non-Gonokokal: Jenis ini, di sebabin sama bakteri lain, yang paling sering adalah Chlamydia trachomatis, penyebab klamidia.

Baca Juga: Ngeri! Tanda Gonore Sudah Parah pada Pria

penyebab uretritis 2 (1)

Cara Mengatasi Uretritis

Oke, sekarang kita bakal bahasa cara untuk mengatasi uretritis, khususnya yang di sebabin sama infeksi bakteri. Sebelum dokter kasih kamu pengobatan, pastinya dokter bakal periksa kondisi kamu dengan beberapa cara, kayak:

  • Wawancara Medis, termasuk nanya gejala yang kamu rasain
  • Pemeriksaan Fisik, dokter bakal liat area genital kamu buat liat tanda-tanda infeksi
  • Pengambilan Sampel, dokter bakal ambil sampel cairan dari uretra buat di periksa

Nah, kalau udah dapet hasilnya dan kamu positif kena uretritis dan dokter tau penyebabnya apa, dokter bakal kasih kamu pengobatan. obat-obatan yang sering di kasih sama dokter biasanya:

  • Antibiotik: Nah, antibiotik ini bisa buat ngebasmi bakteri yang bikin masalah
  • Obat Nyeri: Kalau kamu ngerasa sakit waktu buang air kecil, dokter bisa kasih kamu obat pereda nyeri buat ngurangin rasa sakitnya
  • Obat Tambahan: Kalau uretritis di sebabin sama virus, dokter mungkin bakal kasih obat yang antivirus yang sesuai

Ingat, selalu ikuti resep dokter dan jangan ragu buat konsultasi ya, karena dokter bakal bantu kamu. Kalau kamu atau orang yang kamu kenal, ngerasain gejala uretritis, kamu bisa dateng ke Klinik Utama Sentosa.

Baca Juga: Dokter Spesialis Urologi: Peran dan Penyakit yang Ditangani

Di Klinik Utama Sentosa, kamu bakal di periksa dan di kasih pengobatan yang cepat dan efektif. Kamu bakal di periksa langsung sama dokter yang berpengalaman dan kompeten di bidangnya, jadi hasil pemeriksaan dan pengobatan yang di kasih pastinya bakalan efektif.

Dokter dan staf medis kami juga bakal kasih kenyamanan dan selalu mengutamakan kesehatan kamu. Jadi, jangan ragu atau malu ya buat dateng ke Klinik Utama Sentosa!

About the Author: Rara
penyakit menular seksual pms
Andrologi
Ginekologi

Lokasi Klinik Utama Sentosa

Konsultasikan Keluhan Anda Bersama Dokter Online. Gratis!

Langsung saja konsultasi online atau reservasi online
di nomor +62812-1230-6885 atau dapat mengklik link Konsultasi Gratis. Rahasia Terjamin.

Comments