Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Infeksi saluran kemih (ISK) adalah suatu masalah kesehatan yang umum terjadi pada siapa saja, tetapi wanita lebih berisiko terkena ISK.

ISK dapat di sebabkan oleh berbagai faktor, termasuk bakteri yang dapat menginfeksi saluran kemih.

Meskipun pengobatan medis adalah langkah tepat untuk mengatasi ISK, ternyata pola makan juga memiliki peran penting dalam penyembuhan ISK.

Oleh sebab itu, selama pengobatan di sarankan untuk menghindari beberapa pantangan makanan yang dapat memicu ISK. Mau tahu apa saja? Simak terus artikel ini.

Pantangan Makanan dan Minuman ISK

Terdapat berbagai makanan dan minuman yang dapat memicu terjadinya infeksi saluran kemih, atau memperparah gejala ISK yang di alamin.

Berikut ini beberapa pantangan makanan yang harus kamu hindari kalau sedang mengalami ISK, meliputi:

1. Makanan Pedas

Bagi beberapa orang makanan pedas akan dapat meningkatkan selera makan. Namun sayangnya, makanan pedas dapat memperparah iritasi.

Makanan yang terlalu pedas akan memberikan sensasi panas di dalam tubuh, dan dapat mengiritasi kandung kemih yang menyebabkan gejala ISK semakin parah.

2. Makanan Asam

Makanan atau buah-buahan yang rasanya asam di yakini dapat memperparah infeksi yang terjadi di saluran kemih, sehingga nantinya akan memperburuk infeksi.

Maka dari itu, jika kamu mengalami ISK sebaiknya hindari makanan atau buah-buahan yang terlalu asam.

3. Minuman Bersoda

Minuman bersoda, seperti minuman energi, bir, dan lainnya dapat menjadi pemicu iritasi di saluran kemih.

Pasalnya, minuman bersoda dapat meningkatkan produksi gas di saluran pencernaan dan menyebabkan tekanan pada kandung kemih.

4. Alkohol

Alkohol dapat memicu produksi gas lebih tinggi dan memberikan tekanan pada saluran kemih, sehingga dapat menyebabkan iritasi di saluran kemih.

Penting untuk menghindari beberapa makanan dan minuman pemicu iritasi, untuk mencegah gejala yang di rasakan semakin parah.

pantangan makanan isk 2

Pilihan Makanan Sehat

Meskipun terdapat beberapa pantangan makanan yang perlu di hindari bagi penderita ISK, tetapi terdapat beberapa pilihan makanan sehat yang dapat di konsumsi.

Berikut ini beberapa pilihan makanan sehat yang dapat menjadi pilihan untuk di konsumsi penderita infeksi saluran kemih, seperti:

1. Air Putih

Hidrasi yang cukup sangat penting untuk mencegah ISK. Dengan minum air putih secara teratur dapat membantu membersihkan bakteri di saluran kemih.

2. Makanan Kaya Probiotik

Yogurt tanpa tambahan gula adalah sumber probiotik yang baik. Probiotik dapat membantu untuk menjaga keseimbangan bakteri dalam saluran kemih dan sistem pencernaan.

3. Buah Cranberry

Buah cranberry sering di anggap memiliki manfaat untuk kesehatan saluran kemih, karena dapat mencegah bakteri penyebab ISK yang menempel di lapisan kandung kemih.

Mengonsumsi makanan-makanan sehat tersebut dapat membantu menjaga kesehatan saluran kemih dan mengurangi risiko ISK.

Baca Juga: Tanda ISK Parah: Gejala yang Tidak Boleh Diabaikan!

Berkonsultasi dengan Dokter

Selain pantangan makanan yang perlu kamu hindari, kamu juga harus berkonsultasi dengan dokter jika ISK semakin bertambah parah atau tidak kunjung membaik.

Dokter dapat memberikan pengobatan yang tepat untuk mengatasi infeksi saluran kemih yang kamu alami.

Kamu bisa berkunjung ke Klinik Utama Sentosa dan berkonsultasi langsung dengan dokter urologi yang berpengalaman dan kompeten.

Dokter akan melakukan pemeriksaan menggunakan fasilitas medis yang lengkap dan terkini, sehingga diagnosis yang di berikan akan akurat.

Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter di Klinik Utama Sentosa, karena dokter dan staf medis kami akan selalu mengutamakan kesehatan dan kenyamanan setiap pasien.

Segera konsultasikan masalah kamu melalui live chat atau whatsapp secara gratis dan tersedia 24 jam!

About the Author: Rara
penyakit menular seksual pms
Andrologi
Ginekologi

Lokasi Klinik Utama Sentosa

Konsultasikan Keluhan Anda Bersama Dokter Online. Gratis!

Langsung saja konsultasi online atau reservasi online
di nomor +62812-1230-6885 atau dapat mengklik link Konsultasi Gratis. Rahasia Terjamin.

Comments