Penyakit gonore, atau yang sering disebut “kencing nanah,” adalah salah satu penyakit menular seksual (PMS) yang cukup umum.

Sebelum kita terlalu jauh masuk ke dalam topik ini. Mari kita bicarakan dulu apa itu gonore, bagaimana cara kita bisa terinfeksi, dan apa saja gejalanya.

Baca Juga: Mengancam Jiwa! Kenali Ciri-Ciri Infeksi Gonore pada Wanita

Kemudian, kita akan berbicara tentang cara mengobati gonore dan bahkan yang lebih penting, bagaimana mencegahnya.

Penyakit Gonore (Kencing Nanah)

Gonore, juga dikenal sebagai kencing nanah, adalah penyakit menular seksual (PMS) yang disebabkan oleh bakteri Neisseria gonorrhoeae. Ini bukanlah hal yang main-main, karena dapat berdampak serius pada kesehatan Anda.

Penyebab dan Penularan

Penyakit ini umumnya menular melalui hubungan seksual dengan seseorang yang sudah terinfeksi. Ini termasuk hubungan vaginal, anal, dan oral. Seseorang juga bisa terinfeksi dari ibu ke bayi selama proses persalinan. Penularan dapat terjadi tanpa adanya gejala yang nyata, jadi kita harus ekstra hati-hati.

Gejala-gejala

Jadi, apa tanda-tanda gonore? Nah, gejalanya bisa bervariasi. Beberapa orang mungkin tidak merasakan apa-apa, tetapi yang lain bisa mengalami gejala yang cukup jelas.

Gejala umumnya meliputi nyeri saat buang air kecil, keluarnya cairan dari organ intim yang tidak normal, serta nyeri perut atau panggul. Terkadang gejala ini bisa ringan, jadi seringkali orang tidak menyadari bahwa mereka terinfeksi.

Komplikasi yang Mungkin Terjadi

Gonore yang tidak diobati bisa berdampak serius pada tubuh. Ini bisa menyebar ke bagian tubuh lainnya, termasuk sendi, kulit, dan bahkan jantung. Pada wanita, gonore tidak diobati bisa menyebabkan infeksi pada rahim dan indung telur, yang dapat menyebabkan kemandulan.

Pada pria, infeksi bisa merambat ke testis dan menyebabkan nyeri dan bahkan kemandulan juga. Jadi, sangat penting untuk mengobati gonore dengan serius.

Diagnosis Penyakit Gonore

A. Pemeriksaan Fisik

Ini adalah langkah awal yang dilakukan oleh dokter atau profesional kesehatan. Mereka akan memeriksa gejala yang mungkin Anda alami, seperti nyeri saat buang air kecil atau keluarnya cairan yang mencurigakan dari organ intim. Pemeriksaan fisik ini penting untuk mendapatkan petunjuk awal.

B. Pemeriksaan Laboratorium

Untuk diagnosis yang lebih pasti, dokter akan melakukan pemeriksaan laboratorium. Ini termasuk pengambilan sampel cairan dari organ intim Anda. Sampel ini akan dianalisis di laboratorium untuk mencari tanda-tanda bakteri Neisseria gonorrhoeae.

Baca Juga: Cara Mengatasi Kencing Sedikit, Sering, dan Sakit

Hasil pemeriksaan ini dapat memastikan apakah Anda benar-benar terinfeksi gonore atau tidak. Pemeriksaan laboratorium ini adalah langkah yang kritis dalam menentukan diagnosis.

C. Tes Pemeriksaan Penyakit Menular Seksual Lainnya

Selain gonore, ada berbagai penyakit menular seksual lainnya yang juga bisa Anda alami. Oleh karena itu, dokter Anda mungkin juga akan melakukan tes untuk penyakit menular seksual lainnya sebagai bagian dari proses diagnosis.

Ini termasuk tes untuk sifilis, HIV, dan klamidia. Tes-tes ini penting untuk memastikan bahwa Anda mendapatkan perawatan yang sesuai dan untuk mencegah penyebaran infeksi ke pasangan seksual Anda.

Menggabungkan pemeriksaan fisik dengan pemeriksaan laboratorium dan tes penyakit menular seksual lainnya adalah cara yang efektif untuk mengonfirmasi keberadaan gonore.

pengobatan dan pencegahan penyakit gonore - Klinik Utama Sentosa

Pengobatan Penyakit Gonore

Di Klinik Utama Sentosa, kami menggunakan obat yang telah terbukti efektif melawan bakteri Neisseria gonorrhoeae.

Dokter kami akan meresepkan dosis obat yang sesuai berdasarkan hasil pemeriksaan dan kondisi Anda. Penting untuk mengikuti petunjuk dosis dengan ketat.

Baca Juga: Tanda Gonore Parah: Gejala yang Perlu Diwaspadai

Biasanya, obat ini diberikan melalui suntikan atau melalui obat minum. Pastikan untuk mengonsumsi obat sesuai dengan resep dokter.

Pengobatan penyakit gonore harus dilakukan dengan serius dan teliti untuk memastikan kesembuhan pasien dan mencegah penularan lebih lanjut.

Di Klinik Utama Sentosa, kami berkomitmen untuk memberikan perawatan yang efektif dan peduli terhadap pasien kami.

Pencegahan Penyakit Gonore

1. Edukasi Seksual: Ini adalah langkah penting untuk mencegah penyakit gonore. Mengedukasi diri sendiri dan pasangan tentang risiko seksual, cara penularan penyakit menular seksual (PMS), dan pentingnya perilaku seksual yang aman adalah kunci dalam melindungi diri.

2. Penggunaan Kondom: Pelindung ini bisa berupa kondom atau pengaman lainnya. Ini adalah cara yang efektif untuk mengurangi risiko penularan gonore dan penyakit menular seksual lainnya. Pastikan untuk menggunakan kondom dengan benar setiap kali Anda berhubungan seks.

3. Pengujian dan Pemantauan Rutin: Pengujian dan pemantauan rutin adalah langkah penting dalam pencegahan gonore. Meskipun Anda mungkin tidak memiliki gejala, tes rutin dapat mendeteksi infeksi lebih awal dan memungkinkan pengobatan yang tepat waktu.

4. Perlindungan Diri dari Faktor Risiko: Terakhir, kita perlu berbicara tentang perlindungan diri dari faktor risiko. Hindari hubungan seks tanpa kondom dengan pasangan yang tidak diketahui riwayat kesehatan seksualnya.

Selain itu, batasi jumlah pasangan seksual Anda, karena semakin banyak pasangan, semakin tinggi risiko penularan penyakit. Kesehatan seksual adalah tanggung jawab kita sendiri, jadi jangan ragu untuk mengambil tindakan yang diperlukan untuk melindungi diri.

Baca Juga: Ngeri! Tanda Gonore Sudah Parah pada Pria

Dengan menjalankan langkah-langkah ini, kita dapat berperan aktif dalam mencegah penyebaran gonore dan menjaga kesehatan seksual kita. Ingatlah, pencegahan selalu lebih baik daripada pengobatan.

About the Author: dr. Hans, Sp.KK
Setelah lulus dari Fakultas Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin, dokter Hans melayani sebagai dokter Pegawai Tidak Tetap (PTT) di salah satu Klinik Spesialis Kelamin di Jakarta.
penyakit menular seksual pms
Andrologi
Ginekologi

Lokasi Klinik Utama Sentosa

Konsultasikan Keluhan Anda Bersama Dokter Online. Gratis!

Langsung saja konsultasi online atau reservasi online
di nomor +62812-1230-6885 atau dapat mengklik link Konsultasi Gratis. Rahasia Terjamin.

Comments