Kencing anyang-anyangan lebih di kenal dengan sebutan sistitis, dan jadi keluhan yang sering banget di alamin sama pria atau wanita. Meski nggak sampe jadi masalah serius, tapi kalo sering terjadi bisa bikin kacau aktivitas sehari-hari kamu kan?

Baca Juga: Hati-Hati! Inilah Penyebab Umum Sakit Kencing pada Pria

Yuk, kita bahas apa aja sih penyebabnya, gejalanya, terus gimana caranya ngatasinya biar nggak jadi masalah kesehatan yang bikin bete.

Penyebab Kencing Anyang-Anyangan

Gini, kencing anyang-anyangan itu kebanyakan di sebabkan sama bakteri E. coli yang nongkrong di saluran kencing kita. Makanya, perempuan lebih rentan ketimbang laki-laki, karena saluran kencing kita lebih pendek.

Faktor lain yang bisa ngebuat anyang-anyangan mampir adalah kurangnya kebersihan, pemakaian produk perawatan tubuh yang bikin gatal-gatal, dan urusan seksual yang bisa bawa bakteri masuk ke saluran kencing.

Gejala Kencing Anyang-Anyangan

Selain kencing jadi anyang-anyangan, gejala lain yang bervariasi juga bisa ikut muncul atau di alami oleh penderitanya. Beberapa gejalanya bisa meliputi:

1. Frekuensi Buang Air Kecil Meningkat:Kamu jadi sering banget ngerasa pengen pipis, padahal urine yang keluar dikit banget.

2. Rasa Pedih Saat Pipis: Saat pipis, kadang-kadang rasanya kayak kebakar. Gak nyaman banget deh!

3. Warna atau Bau Urine Berubah: Kadang urine bisa berubah warna atau baunya jadi aneh.

4. Nyeri di Panggul: Kadang juga bisa ngerasa nyeri di bagian panggul.

Coba kamu perhatikan deh, kira-kira kamu punya gejala-gejala seperti di atas nggak? Kalo iya, mending kamu jangan tunda buat konsultasi dokter urologi Klinik Utama Sentosa Jakarta buat kasih penanganan medis tepatnya.

Baca Juga: Penyakit Cystitis: Penyebab, Gejala, dan Pengobatannya

Cara Ngatasi dan Mencegah Anyang-Anyangan

Buat cara mengatasi dan cegah kencing kamu anyang-anyangan, ada beberapa tips nih yang bisa kamu coba praktikan di rumah, misalnya:

1. Minum Banyak Air: Jangan lupa minum banyak air biar bakteri yang bikin masalah ini cepet keluar

2. Pakai Produk Perawatan Tubuh yang Lembut: Hindarin yang keras-keras, ya. Lebih baik pilih yang lembut dan nggak bikin gatal.

3. Rajin Cuci Tangan: Jaga kebersihan tangan biar bakteri nggak mudah masuk.

4. Buang Air Setelah Berhubungan Seks: Biar bakterinya nggak nempel-nempel.

5. Hindari Pakaian Ketat: Lebih baik pake yang longgar biar area vital ga lembab terus.

6. Jangan Tahan Pipis: Kalo pengen pipis, langsung aja pergi ke toilet. Jangan ditahan-tahan!

7. Cek Kesehatan Secara Rutin: Biasain cek kesehatan sama dokter Klinik Utama Sentosa buat deteksi masalah lebih awal.

Terapi dan Pengobatan

Kalo udah kencing anyang-anyangan fatal, biasanya dokter Klinik Utama Sentosa bakal kasih antibiotik buat ngalahin bakterinya. Jangan lupa minum antibiotik sampe selesai ya, meskipun udah merasa mendingan.

Ingat ya, kesehatan saluran kencing itu penting banget, jangan di sepelein loh. Kalo gejalanya nggak hilang atau makin parah, langsung ke dokter ahli urologi kita buat konsultasi sekalian perawatan medis oke?

kencing anyang anyangan 2

Jangan Tunda Konsultasi Medis Dokter Profesional

Selain itu, penting banget buat kamu pahami bahwa tubuh kita itu beda-beda, jadi mungkin pengalaman orang satu dengan yang lain bisa berbeda. Pokoknya kalo ada yang nggak nyaman atau merasa aneh, jangan ragu untuk cerita ke dokter berkompeten kita di Klinik Utama Sentosa.

Baca Juga: Infeksi Bakteri: Apakah Ini Penyebab Penyakit Uretritis?

Kamu nggak perlu khawatir, dokter-dokter kita tuh ahlinya dan bisa kasih saran yang pas buat kamu atasi keluhan seputar keluhan genital termasuk kencing anyang-anyangan. Kalo gejala anyang-anyangan muncul, jangan di tunda-tunda sampe jadi masalah parah ya.

Langsung aja konsultasi ke dokter kita, lewat live chat online 24 jam atau WA gratis disini. So, jangan sampe masalah kecil jadi gede gara-gara di abaikan. Tetap jaga kesehatan dan sehat selalu!

About the Author: Dita
penyakit menular seksual pms
Andrologi
Ginekologi

Lokasi Klinik Utama Sentosa

Konsultasikan Keluhan Anda Bersama Dokter Online. Gratis!

Langsung saja konsultasi online atau reservasi online
di nomor +62812-1230-6885 atau dapat mengklik link Konsultasi Gratis. Rahasia Terjamin.

Comments