Sakit kencing memang bisa mengganggu aktivitas sehari-hari, terutama buat para pria. Ya, siapa sih yang suka dengan sensasi yang bikin nggak nyaman itu? Tapi tau nggak, sakit kencing bisa datang dengan berbagai penyebab dan kamu perlu waspada!

Baca Juga: Infeksi Uretra, Ini yang Sebabkan Kamu Sakit Kencing loh!

Bukan cuma sakit waktu kencing yang bisa kamu rasakan, tapi bisa aja di dalam urin kamu ada darahnya loh. Jadi, mari kita kupas tuntas apa aja yang bisa bikin kamu merasakan sakit saat kencing, termasuk gejala lainnya dan juga cara untuk menghindarinya. Simak terus artikel ini, ya!

Penyebab Umum Sakit Kencing

Oke, kita bakal bahas apa aja penyebab umum dari sakit kencing yang kamu alami. Seperti yang udah di bahas sebelumnya, kalau penyebab dari sakit kencing pada pria itu ada banyak, seperti:

1. Infeksi Saluran Kemih

Nah, kita mulai dari yang paling umum, yaitu infeksi saluran kemih. Kalau kamu kena masalah kesehatan yang satu ini, biasanya kamu bakal ngerasa sakit waktu kencing. Sakit atau perih itu adalah salah satu tanda-tanda yang bisa kamu alami.

Infeksi saluran kemih biasanya di sebabin sama bakteri nakal, yaitu bakteri Escherichia coli (E. coli). Nah, ada beberapa hal yang bisa nambahin risiko kamu kena infeksi saluran kemih, nih. Contohnya, kamu sering nahan kencing terlalu lama, makanya jangan lupa untuk minum cukup air dan jangan terlalu lama tahan kencing ya.

2. Prostatitis

Jadi, prostatitis juga bisa jadi penyebab sakit kencing yang kamu rasakan. Prostatitis adalah peradangan yang terjadi di kelenjar prostat, yaitu kelenjar kecil yang ada di bawah kandung kemih yang berperan dalam proses reproduksi sperma.

Ada beberapa jenis prostatitis yang bisa bikin kamu ngerasain sakit atau perih di sekitar panggul, kesulitan waktu mau kencing, atau bikin kamu jadi sering ke toilet. Faktor penyebabnya bisa bermacam-macam, mulai dari infeksi bakteri, stres, atau bahkan kerusakan saraf. Terkadang, nggak keliatan jelas apa yang bisa bikin orang kena prostatitis.

Baca Juga: Cara Mengatasi Kencing Sedikit, Sering, dan Sakit

penyebab sakit kencing pada pria 1

3. Penyakit Menular Seksual (PMS)

Ada beberapa penyakit menular seksual (PMS) yang bisa bikin kamu merasa sakit waktu kencing, seperti klamidia dan juga gonore. Penyakit ini bisa jadi penyebab utama yang buat sakit kencing pada pria. Nah, berikut ini adalah penjelasan keduanya dan juga gejala yang mungkin muncul:

  • Klamidia: Klamidia itu penyakit menular seksual yang di sebabin sama infeksi bakteri Chlamydia trachomatis. Penyakit ini bisa sebabin gejala kayak perih atau sakit waktu kencing. Jadi, kalau kamu ngerasa ada yang nggak enak waktu buang air kecil, bisa jadi itu salah satu tanda dari klamidia.
  • Gonore: Gonore itu penyakit menular seksual yang di sebabin sama infeksi bakteri Neisseria gonorrhoeae. Kalau kamu kena gonore, biasanya kamu bakal ngerasain sakit waktu kencing atau mungkin keluar cairan aneh dari Mr. P.

Nah, sesuai namanya penyakit menular seksual, kedua penyakit ini bisa menular lewat hubungan seksual yang nggak aman. Jadi, tetap waspada dan lakukan pemeriksaan PMS kalau kamu berisiko ya!

4. Trauma atau Cedera

Nah, terakhir nih, kita bahas soal trauma atau cedera yang bisa bikin sakit waktu kencing. Jadi, trauma atau cedera ini bisa terjadi misalnya karena kecelakaan atau benturan di area genital. Biasanya kalau kamu abis cedera di area genital, kamu bakal ngerasa perih atau sakit waktu buang air kecil.

Kapan Harus Cari Bantuan Medis?

Nah, kamu harus segera cari bantuan medis kalau kamu mengalami gejala yang serius, misalnya:

  • Nyeri parah dan nggak membaik
  • Ada darah di dalam urin
  • Demam tinggi

Kalau kamu ngerasain sakit kencing di sertai gejala kayak di atas, jangan di abaikan ya. Karena itu bisa jadi tanda-tanda kalau sakit kencing yang kamu alami jadi masalah yang serius.

Intinya, kalau kamu ngerasain gejala yang udah di sebutin tadi, jangan ragu buat konsultasi sama dokter. Kamu bisa konsultasi sama dokter urologi di Klinik Utama Sentosa, di sana kamu bakal di layanin dengan baik.

Jadi, nggak ada tuh yang bakal jutekin kamu apalagi nggak di layani, karena dokter dan staf medis di Klinik Utama Sentosa, bakal selalu mengutamakan kesehatan dan juga kenyamanan pasiennya.

Baca Juga: Cara Mengobati Sakit Kencing Sampai Tuntas

Di Klinik Utama Sentosa, kamu bakal di periksa dengan dokter urologi yang berpengalaman dan juga menggunakan peralatan medis yang lengkap dan modern. Jadi, hasil pemeriksan dan pengobatan pastinya bakal akurat dan efektif.

Jangan khawatir soal biaya, karena pemeriksaan dan pengobatan di Klinik Utama Sentosa pastinya bakal terjangkau deh di kantong kamu! Jadi, jangan ragu dan malu untuk periksa di Klinik Utama Sentosa ya, biar kami bisa bantu kamu buat balikin kesehatan kamu lagi!

About the Author: Rara
penyakit menular seksual pms
Andrologi
Ginekologi

Lokasi Klinik Utama Sentosa

Konsultasikan Keluhan Anda Bersama Dokter Online. Gratis!

Langsung saja konsultasi online atau reservasi online
di nomor +62812-1230-6885 atau dapat mengklik link Konsultasi Gratis. Rahasia Terjamin.

Comments