Keputihan emang hal yang lumrah terjadi oleh wanita, dan ini juga termasuk bagian alami dari siklus reproduksi mereka. Eh tapi, nggak semua keputihan bersifat normal dan kamu harus santai nanggepinnya ya.

Baca Juga: Apa Penyebab Keputihan: Menyingkap Kesehatan Wanita

Beberapa gejalanya dapat menjadi tanda masalah kesehatan yang lebih serius nih. Nah makanya, setiap wanita penting deh buat memahami perbedaan antara keputihan normal dan mana keputihan yang berbahaya buat langkah-langkah pencegahan. Simak yuk!

Keputihan Normal vs Keputihan Berbahaya

Keputihan normal biasanya bersifat transparan atau putih aja, nggak bau menyengat, dan nggak bikin rasa gatal atau perih gitu. Beda ceritanya kalo tiba-tiba keputihan berubah warna, jadi tebal, berbau busuk, apalagi sampe ada gejala lain seperti gatal atau nyeri.

Kalo kamu udah ngerasain gitu, awas yaa ini bisa jadi tanda masalah kesehatan yang memerlukan perhatian medis gengs. Kamu jangan anggap remeh soal keputihan yang berbahaya ini ya ladies, biar kamu bisa dapetin perawatan di waktu yang tepat.

Penyebab Keputihan Berbahaya

Ada beberapa penyebab keputihan yang berbahaya, biasanya termasuk:

1. Infeksi jamur

2. Bakteri

3. Virus

4. Infeksi menular seksual (IMS) seperti klamidia atau gonore

Faktor lain yang bisa jadi penyebab keputihan kamu bermasalah juga termasuk gangguan hormonal, diabetes, atau sistem kekebalan tubuh yang lemah. Nggak heran deh kalo hampir 80-90% wanuta itu setidaknya pernah keputihan sekali di masa hidupnya loh.

Baca Juga: Kenapa Wanita Sering Mengalami Keputihan? Kenali Penyebabnya

Gejala Keputihan yang Berbahaya

Soal gejala, ininih deretan gejala keputihan yang berbahaya harus kamu waspadai, contohnya:

1. Keputihan yang berubah warna, misal kehijauan atau kekuningan.

2. Bau tidak biasa, amis atau busuk.

3. Gatal, terbakar, atau rasa tidak nyaman di area genital.

4. Nyeri saat buang air kecil atau hubungan seksual.

5. Ada bengkak atau kemerahan di sekitar area genital.

Coba cek dan perhatiin ya, kalo kamu ada salah satu gejala kaya di atas mendingan cepat kamu konsultasi dokter ginekologi Klinik Utama Sentosa Jakarta biar tahu kondisi pastinya ya.

Pencegahan dan Perawatan

Buat hindari keputihan yang berabahaya dan parah, ada beberapa langkah sederhana nih yang bisa kamu coba praktik di rumah, seperti:

1. Jaga kebersihan area penting dengan rajin.

2. Hindari sabun atau produk pembersih berbahan keras di area itu.

3. Pilih pakaian dalam yang nyaman dan bernapas (bahan katun).

4. Jauhi pembalut atau pantyliner yang ada pewangi atau warnanya.

5. Pake kontrasepsi yang aman biar terhindar dari IMS.

Kalo pencegahan udah kamu terapin tapi keluhan masih ada, artinya kamu perlu bantuan dokter ahli Klinik Utama Sentosa buat penanganan tepatnya deh. Jangan sampe kamu biarin keluhan bertahan lama kalo kamu nggak mau jadi komplikasi ginekologi serius.

keputihan yang berbahaya 2

Konsultasi Profesional Kesehatan Klinik Utama Sentosa

Kalau kamu ngerasa ada yang aneh, buruan deh ke dokter Klinik Utama Sentosa buat cek atau konsultasi. Nggak perlu khawatir, dokter-dokter berkompeten kita bakal periksa terus kasih tahu kamu penyebabnya dan kasih obat yang sesuai.

Baca Juga: Ini 5 Obat Alami Untuk Atasi Keputihan

Di dukung sama fasilitas yang lengkap, biaya terjangkau, metode terkini, dan kenyamanan privasi yang terjaga bikin kamu jadi lebih leluasa buat perawatan medis disini. Jangan tunggu sampe keputihan kamu parah ya.

Keputihan memang biasa, tapi yang berbahaya itu nggak boleh kamu abaikan. Yuk, kenali gejalanya dan jaga kesehatan reproduksi kita. Kalau ada yang aneh, langsung konsultasi online ke dokter kita aja ya! Jaga kesehatan kamu ya ladies, biar tetep bisa happy.

About the Author: Dita
penyakit menular seksual pms
Andrologi
Ginekologi

Lokasi Klinik Utama Sentosa

Konsultasikan Keluhan Anda Bersama Dokter Online. Gratis!

Langsung saja konsultasi online atau reservasi online
di nomor +62812-1230-6885 atau dapat mengklik link Konsultasi Gratis. Rahasia Terjamin.

Comments